Selasa, 02 Maret 2010

PROFIL LEMBAGA

1. NOMOR STATISTIK SEKOLAH : -
2. Nama Sekolah : PAUD-TPA AN-NISA’
3. Alamat : Jln.Prangusan No .
4. Kode Pos : 24782
5. Desa : Mukti Makmur
6. Kecamatan : Simpang Kiri
7. Kabupaten : Kota Subulussalam, NAD
8. Kegiatan Belajar Mengajar : Pagi
9. Status Kepemilikan Bangunan : Menumpang
10. Lokasi Sekolah : Kompleks Perumahan Warga
11. Sekolah Berdiri : 1 Juli 2007.
12. Status Sekolah : Swasta
13. SK/Ijin Operasional : Nomor : 822 / 472 / 2007.
14.Nama Yayasan Penyelenggara : Lembaga Pendidikan TADRIBUL UMAM
-Jalan : Prangusan
-Desa : Mukti Makmur
-Kecamatan : Simpang Kiri
-Kabupaten : Kota Subulussalam
-Propinsi : Nanggroe Aceh Darussalam
-Nomor HP : 085760057476
-Akte Pendirian : Akta Notaris nomor : 08/FS/III/2008.

A. Kurikulum/ Program Pembelajaran.
PAUD-TPA An-Nisa’’ dalam melaksanakan Proses Pembelajaran berdasarkan Kurikulum Standar Nasional PAUD yang disesuaikan dengan keadaan setempat dengan tidak mengurangi aspek-aspek pengembangannya.

B. Proses Pembelajaran.
1. Penyusunan Rencana Kegiatan Pembelajaran.
Dalam pelaksanaan Kegaiatan Pembejaran para guru / pengasuh, telah mempersiapkan rencana Kegiatan Pembelajaran sebagai acuan dalam membentuk dan mencetak serta mengarahkan bakat, minat dan potensi peserta didik dalam waktu satu tahun, yaitu :

a. Rencana Tahunan dan Semester.
Untuk memulai kegiatan awal tahun ajaran baru, anatara lain penyusunan jadwal dan pengadaan fasilitas yang diperlukan demi kelancaran pelaksanaan program bermain peserta didik.
Kegiatan semester antara lain menyiapkan buku program kegiatan mingguan dan harian serta pembelajaran fasilitas-fasilitas keperluan semester.

b. Rencana Kegiatan Bermain Mingguan dan Harian.
Perencanaan satuan kegiatan mingguan adalan penyusunan persiapan pembelajaran yang akan dilakukan pengasuh/ pendidik dalam satu minggu. Dan perencanaan satuan kegiatan harian adalah penyusunan persiapan pembelajaran yang akan dilakukan pendidik/ pengasuh dalam satu hari untuk meningkatkan kecerdasan holistik anak dengan mengacu pada menu pembelajaran generik. Kegiatan mingguan dan harian disusun berdasarkan perencanaan tahunan dan semester.

2. Densitas Main.
Dalam kegiatan bermain mengacu kepada kelender pendidikan yang telah ditetapkan oleh Kantor Departemen Pendidikan Nasional yang memberisi jadwal kegiatan pendidikan, yaitu ;
- kegiatan bermain yang akan dimainkan anak didik.
- Alat permainan edukatif (APE) yang akan dimainkan anak didik.
- Waktu untuk menyelenggarakan kegiatan bermain.
- Tempat untuk menyelenggarakan kegiatan bermain
- Tenaga pendidik yang bertugas mendampingi anak bermain.

3. Waktu dan Lama Pembelajaran.
PAUD-TPA An-Nisa’ belajar pada pagi hari dengan uraian kegiatan sebagai berikut :
a. Usia 2 – 3 tahun, setiap pertemuan minimal 2 jam dan idealnya selama 4 jam.
b. Usia 4 – 6 tahun, setiap pertemuan minimal 2,5 jam dan idealnya 6 jam.

4. Peran pendidik sebelum anak main.
a. Pengasuh/ pendidik duduk bersama anak dalam posisi melingkar. Pengasuh/ pendidik memmemberi salam pada anak-anak, menanyakan kabar anak-anak.
b. Pengasuh/ pendidik meminta anak-anak untuk memperhatikan siapa saja yang tidak hadir hari ini (mengabsen).
c. Berdoa bersama, meminta anak secara bergilir siapa yang akan memimpin doa hari ini.
d. Pengasuh/ pendidik menyampaikan tema hari ini dan dikaitkan dengan kehidupan anak.
e. Pengasuh/ pendidik membacakan buku yang terkait dengan tema. Setelah membaca selesai, pengasuh/ pendidik menanyakan kembali isi cerita.
f. Pengasuh/ pendidik mengaitkan isi cerita dengan kegiatan main yang akan dilakukan anak.
g. Pengasuh/ pendidik mengenalkan semua tempat dan alat main yang sudah disiapkan.
h. Dalam memmemberi pijakan, pengasuh/ pendidik harus mengaitkan kemampuan apa yang diharapkan muncul pada anak, sesuai dengan rencana belajar yang sudah disusun.
i. Pengasuh/ pendidik menyampaikan bagaimana aturan main (digali dari anak), memilih teman main, memilih mainan, cara menggunakan alat-alat, kapan memulai dan mengakhiri main, serta merapikan kembali alat yang sudah dimainkan.
j. Setelah anak siap untuk main, pengasuh/ pendidik mempersilakan anak untuk mulai bermain dengan cara menggilir kesempatan pada anak berdasarkan warna baju, usia anak, huruf depan nama anak, atau cara lainnya agar lebih teratur.

5. Peran Pendidik saat anak bermain.
a. Memberi anak waktu yang cukup untuk bermain, agar gagasan main tuntas dilakukan. Waktu yang diperlukan anak untuk menyelesaikan gagasannya sekitar 40-60 menit.
b. Saat anak asyik bermain, pengasuh/ pendidik berkeliling untuk memantau kegiatan anak.
c. Memberi contoh cara main pada anak yang belum bisa menggunakan bahan/alat.
d. Memberi dukungan berupa pernyataan positif atau pujian pada pekerjaan yang dilakukan anak.
e. Memancing gagasan anak dengan pertanyaan terbuka untuk memperluas cara main anak.
f. Memberi bantuan pada anak yang membutuhkan.
g. Mendorong anak untuk mencoba dengan cara lain, sehingga anak memiliki pengalaman main yang kaya (densitas).
h. mencatat kegiatan yang dilakukan anak (jenis main dan tahapan perkembangan yang dicapai).
i. Mengumpulkan hasil kerja anak, dengan mencatat nama dan tanggalnya di lembar kerja anak.
j. Bila waktu tinggal 5 menit, memberitahu anak-anak untuk bersiap-siap menyudahi kegiatan mainnya.

6. Peran Pendidik setelah anak bermain.
a Mengajak anak membereskan mainan dengan menempatkan alat main pada tempatnya.
b Saat beres-beres dapat dilakukan sambil bernyanyi lagu beres-beres atau lagu lainnya.
c Bila anak belum terbiasa untuk membereskan, pengasuh/ pendidik bisa membuat permainan yang menarik agar anak ikut membereskan.
d Pengasuh/ pendidik menyiapkan tempat untuk setiap jenis alat, sehingga anak dapat mengelompokkan alat main sesuai dengan tempatnya.
e Setelah selesai beres-beres, persilahkan anak untuk membersihkan diri, ganti pakaian bila basah/kotor, dan minum dengan antri.

7. Peran Lembaga dalam mewujudkan lembaga PAUD-TPA An-Nisa’.
Untuk kelancaran pelaksanaan PAUD-TPA, lembaga mencoba memenuhi segala kebutuhan sarana dan prasarana yang meliputi kebutuhan lembaga itu sendiri, pengasuh/ Pendidik dan peserta didiknya sesuai dengan keadaan dana yang tersedia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar